Akhirnya Berjumpa dengan Ra Kholil

Ra Kholil begitu orang daerah saya memanggil beliau.
Nama lengkap beliau adalah KHR. Moch Kholil bin As’ad bin Syamsul Arifin pendiri PP Wali Songo Mimbaan Sukorejo Situbondo.

Alhamdulillah malam ini bisa mendatangi majelis beliau dan juga berkesempatan mencium tangan serta di doakan beliau.
Semoga segala doa segera Allah ijabah. Aamiin…

Sejenak jadi ingat mbah di rumah.
Foto Ra Kholil sudah menghias dinding ruang tamu mbah selama dua sampe tiga tahun terakhir.
Meskipun mbah sudah merenovasi rumah, tetap saja foto Ra Kholil yang memakai selendang ikat kepala hijau tetap dipertahankan.
“Foto Ra Kholil dengan selendang ikat kepala hijau begitu banyak dicari orang. Mereka percaya Foto ini menjadi perantara turunnya berkah Allah.” Begitu kata mbah memberi pesan kepadaku.
“Suatu saat, semoga berkesempatan satu majelis dan bersalaman dengan beliau.” Doa mbah waktu itu.

Tak di sangka doa itu terkabul malam ini. Meskipun bukan kakek, tapi saya yang dateng dan bersalaman. Saya niatkan untuk mewakili mbah. Sehingga semoga segala pahala ibadah dan barokah juga tersalur ke mbah yang sangat saya hormati.
Masih ada waktu, semoga juga mbah berkesempatan langsung merasakan sakralnya pertemuan ini. Aamiin.

—–+—–

Tambahan:
Randu : Kamu juga percaya kalau foto bisa membawa berkah?
Agung : Bukan fotonya, tetap hanya Allah yang memberi berkah. Foto itu hanya perantara. Itu pun karena foto seorang ulama yang selalu menjaga akhlaknya dan selalu pula niat ibadah dalam setiap tindakannya. Kalau foto mu baru aku ragu Ran. Bukan ragu lagi, malah blas ndak percaya. Hehe…
Randu : Jadi kamu percaya sama mbah mu itu? Bukannya percaya ke benda-benda yang membawa berkah itu hanya pengaruh budaya dan kepercayaan animisme dan dinamisme jaman dulu ya?
Agung : Sekali lagi ya, foto itu hanya perantara. Jangan disalahartikan lagi prinsip itu. Dan Mbah itu bukan budayawan Ran, beliau ulama. Yang beliau katakan bukan berdasarkan ilmu kebudayaan, tapi ilmu agama yang beliau pahami selama ini.
Randu : Meskipun ada yang ngasih tau kamu ayat qur’an dan hadist agar menjauhi hal itu?
Agung : Siapa yang mau ngasih tau begituan? Aku ya tetep lebih percaya mbah. Mbah itu sudah ngaji di pesantren, ke kyai lebih dari 15tahun selama masa mudanya. Sampe sekarang beliau tetap ngaji. Masak iya terus aku lebih percaya ke orang yang baru ku kenal yang ku tak tau dia belajar agama selama berapa lama dan dari mana. Lagian kamu kira mbah ndak berpegangan ke quran dan hadist? Beliau jauh lebih tau dari kita lah. Ndak usah di pertanyakan lagi.
Randu : Iya ya…
Agung : Bentar dulu, mbah itu kan bukan mbahku saja Ran, tapi ya mbah mu juga. Kita juga sama-sama murid beliau. Emang kamu ndak percaya ke beliau?
Randu : Bukan gitu, aku kan lagi belajar sama kamu gung.
Agung : Belajar apa?
Randu : Ya kalau aku ditanya gitu, aku harus jawab gimana. Kalau begini kan aku jadi tau harus jawab apa. Hehe…

——+——

#Padahal Situbondo dan Jember itu tetanggaan. Ketemunya malah di Bogor. Luar biasa.

_____________________________
SholluAlanNabiMuhammad…
_____________________________

Tinggalkan komentar